Ayo Kita Ber-Wirausaha Keripik Singkong!!!

Ini dia' sebuah peluang usaha rumahan yang cukup menggairahkan dan lumayan menguntungkan sekali,dengan berwirausaha keripik singkong!. Di era modern seperti saat ini tentunya banyak sekali bermunculan berbagai inovasi-inovasi kreatif yang bisa di jadikan berbagai macam peluang usaha baru yang sangat prosfektip dan juga sangat menguntungkan jika di lihat dari segi keuntungannya. Tentunya juga hal ini bisa kita manfaatkan untuk bisa menambah penghasilan kita sehari-hari.

Banyak sekali jenis usaha-usaha baru yang jika kita pandai dalam membidanginya akan bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah ke dalam kantong kita,sebut saja usaha di bidang internet yang memang sedang sangat marak sekali sekarang ini,sudah banyak sekali contohnya orang yang sukses di bidang yang satu ini.Tentunya untuk bisa menghasilkan uang melalui internet akan terasa mudah bagi mereka-mereka yang memang sudah sangat ahli dan juga piawai dalam dunia internet,tapi bagi sebagian orang untuk bisa mendapatkan uang tambahan dari internet akan terasa sangat sulit sekali tentunya karena memang masih awam dengan dunia internet,seperti saya contohnya yang masih sangat awam dengan yang namanya internet,dan sedang mulai belajar. 

Akan tetapi jangan berkecil hati dan selalu tetap optimis dengan diri sendiri dan juga keahlian yang kita miliki,kita tinggal sesuaikan saja kemampuan dan keahlian yang kita punya untuk membidangi ataupun menggeluti usaha yang sekiranya kita mampu,sebut saja usaha yang sekiranya cukup mudah dan bisa di lakukan oleh siapapun karena memang betul-betul mudah dan tidak terlalu membutuhkan keahlian khusus,yang di perlukan hanyalah niat,tekad yang kuat dan juga ketelatenan. Contoh usaha yang mudah dan bisa di mulai di kembangkan dari mulai usaha skala rumahan adalah berwirausaha keripik singkong. Sayapun mulai berwirausaha keripik singkong sejak tahun 2008 sampai sekarang dan Alhamdulillah sekarang usaha keripik singkong yang saya kelola sudah mengalami peningkatan yang lumayan pesat,dan semua itu saya awali dari mulai nol.

Selalu Bekerja Keras!!!:



Untuk lebih jelasnya akan saya coba tuliskan mengenai pengalaman saya dalam menjalankan dan memulai berwirausaha keripik singkong! sekitar tahun 2008-an saya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan saya di Jakarta dan kembali ke kampung halaman tercinta,awalnya memang saya sempat bingung mau berbuat apa ya di kampung?! soalnya jujur saja saya tidak memiliki keahlian khusus seperti halnya orang-orang yang memang sangat ahli dalam bidang tertentu,tapi setelah saya pikir-pikir lagi akhirnya sayapun menemukan jawabannya. Saya melihat di kampung saya banyak sekali menyimpan potensi-potensi yang sangat menjanjikan sekali jika di buat menjadi sebuah indistri makanan ringan,soalnya di kampung saya dan sekitaran saya banyak terdapat berbagai macam umbi-umbian yang lumayan melimpah seperti salah satu contohnya adalah singkong,dan sayapun segera mengambil keputusan untuk segera mencoba berwirausaha keripik singkong kecil-kecilan. Dengan alat-alat dan juga modal yang sangat seadanya sekali sayapun memulai menjalankan usaha keripik singkong rumahan di rumah orang tua saya. Awalnya saya hanya di bantu orang tua saya dan tetangga-tetangga terdekat saya. 

Pada awalnya saya hanya membeli bahan baku singkong dari tetangga saya sebanyak 25kg saja,dengan harga singkong perkilonya saat itu sebesar Rp600. Alat-alat untuk memproduksi keripik singkong hanya menggunakan alat-alat dapur milik orang tua saya dan kebetulan ada alat untuk mengiris singkong yang masih sangat manual. Proses pembuatan sampai ke proses pemasaran saya lakukan dengan cara yang masih sangat-sangat sederhana sekali dan itu tidak menjadi halangan buat saya untuk tetap berusaha semaksimal mungkin supaya usaha keripik singkong yang jalankan nantinya bisa berkembang dan sukses. 

Tanpa terasa' seiring dengan berjalannya waktu,usaha keripik singkong yang saya kelola sudah sekitar tujuh tahun lebih,sekarang tahun 2016 dan sekarangpun saya sudah bisa memproduksi atau sudah bisa menghabiskan -/+ satu ton singkong dalam satu minggu,jika biasanya dari 100kg singkong akan bisa jadi sekitar 30kg keripik,maka jika dalam satu ton singkong berarti akan menjadi keripik matang -/+ sekitar 300kg,harga keripik singkong untuk perkilonya biasa saya jual dengan harga Rp30.000 saja untuk yang rasa original,dan untuk varian rasa yang lainnya tentunya sangat di sesuaikan dengan harga bumbu tambahannya tersebut,paling kalau di bikin rata-rata sekitar Rp35.000/kilonya.


Perkiraan Modal Untuk Membuka Usaha Keripik Singkong Skala Rumahan Dalam Seminggu:

  • satu ton singkong [Rp2.000/kg] = Rp 2.000.000
  • minyak goreng 120kg [Rp11.000/kg] = Rp 1.320.000
  • bumbu-bumbu = Rp 50.000
  • plastik = Rp 600.000
  • lain-lain = Rp 2.000.000
  • jumlah = Rp 6.420.000



Jika di kalkulasikan dari satu ton singkong bisa menjadi 300kg keripik singkong,maka jumlah hasil penjualan keripik singkong untuk keseluruhan adalah: Rp 35.000x300kg = Rp 10.500.000 dan perkiraan hasil keuntungan dalam satu minggu adalah: Rp 10.500.000-Rp 6.420.000 = Rp 4.080.000. Pastinya hasil keuntungan akan sangat di sesuaikan dengan harga bahan baku dan juga biaya produksi yang kadang naik dan juga terkadang turun,tinggal pandai-pandai kitanya saja dalam memenej keuangan. Demikian artikel tentang wirausaha keripik singkong semoga bisa menjadi manfaat bagi kita semua Amin...! sekarang giliran Anda untuk mencobanya di rumah, semoga berhasil dan bisa terus sukses! sekian dan saya ucapkan banyak terima kasih telah membaca artikel saya ini.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih banyak telah berkunjung dan membaca blog saya,silahkan tuliskan komentar Anda!