Thursday, September 22, 2016

Keripik Singkong Tanpa Kapur Sirih

Bagaimana caranya membuat keripik singkong yang renyah tanpa menggunakan tambahan kapur sirih? Apa sih manfaatnya menggunakan tambahan bahan kapur sirih dalam proses pembuatan keripik singkong? mungkin masih ada saja sebagian dari produsen keripik singkong yang masih menggunakan bahan tambahan seperti menambahkan kapur sirih dalam proses pembuatan keripik singkong,yang katanya supaya keripik singkong bisa lebih renyah. Proses penggunaan kapur sirih tersebut di lakukan saat irisan singkong di rendam sebentar di dalam air lalu di berikan tambahan kapur sirih,mungkin itu sah-sah saja menurut mereka yang masih menggunakan metode seperti itu. Tapi menurut saya pribadi penggunaan tambahan bahan seperti kapur sirih dalam pembuatan keripik singkong sepertinya kurang memenuhi standar kesehatan,soalnya kan kapur sirih tidak tergolong ke dalam jenis makanan,jadi sepertinya kurang aman jika di konsumsi dan kalau boleh saya kasih saran,sebaiknya dalam proses pembuatan keripik singkong hendaknya jangan memakai tambahan kapur sirih supaya hasil produksi keripik singkong yang kita buat akan lebih sehat dan alami. Apa lagi untuk sekarang ini BPOM sangat selektif sekali dalam neninjau ataupun mengontrol berbagai jenis makanan yang banyak di jajakan di pasaran. 



Sebetulnya jika tujuannya adalah supaya keripik singkong bisa menjadi lebih renyah kita tidak perlu dan seharusnya memang tidak menambahkan kapur sirih ke dalam proses pembuatan keripik singkong! apa lagi jika hasil keripik singkong nantinya akan kita pasarkan atau di jual untuk khalayak orang banyak,asalkan kita tahu cara-cara nya supaya hasil produksi keripik singkong yang kita buat bisa menjadi sangat renyah tanpa di beri tambahan bahan -bahan perenyah. Jadi kesimpulannya adalah selain produk keripik kita akan lebih aman karena tanpa memakai ataupun menggunakan bahan-bahan tambahan yang menurut saya kurang menyehatkan,kita pun akan mendapatkan hasil produksi keripik singkong yang sangat memuaskan [renyah]. Sebetulnya cara agar keripik singkong bisa sangat renyah sangat simple sekali dan tidak ada rahasia-rahasiaan,lalu bagaimana sih caranya supaya keripik singkong yang kita buat bisa menjadi sangat renyah tanpa menggunakan tambahan kapur sirih? berikut ini adalah cara sederhana dan mudah membuat keripik singkong yang renyah tanpa kapur sirih:

Mengetahui Cara Pembuatan Keripik Singkong Yang Renyah Tanpa Kapur Sirih:

  1. Proses pemilihan bahan baku singkong yang pas untuk di jadikan keripik singkong hendaknya memilih singkong yang masih segar dan berkualitas baik! pilihlah singkong yang berumur sekitar 9-11 bulanan karena memiliki kadar air yang sedang jadi sangat cocok sekali jika untuk di jadikan keripik singkong.
  2. Dalam proses pengirisan singkong hendaknya kita menggunakan alat khusus untuk mengiris singkong yang memiliki pisau yang tingkat ketajamannya sama rata! supaya hasil irisan singkong menjadi sama tipis.
  3. Usahakan tebal irisan singkong bisa sampai setebal 1mm supaya nantinya hasil dari gorengannya bisa sangat renyah!
  4. Suhu panas minyak saat menggoreng di kisaran 140 derajatan.
  5. Saat memasukkan irisan singkong ke dalam minyak sebaiknya di sesuaikan dengan kapasitas minyak yang ada di dalam wajan,jangan terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit! yang penting ada cukup ruang untuk memekarkan keripik singkongnya.
  6. Sebaiknya gunakan juga mesin spiner [alat peniris minyak] supaya hasil gorengannya bisa kering dari sisa minyak yang menempel,dan juga akan membuat keripik singkong bisa lebih renyah lagi dan tentunya akan lebih tahan lama.

Jadi meskipun tanpa menggunakan tambahan kapur sirih, keripik singkong akan tetap bisa renyah dan pastinya lebih aman untuk di konsumsi dan juga menyehatkan. Demikianlah artikel tentang keripik singkong tanpa kapur sirih! semoga bisa bermanfaat untuk Anda pembaca artikel ini! Sebaik-baiknya makanan adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang alami yang menyehatkan,dan juga cara pembuatannya yang di buat sealami mungkin. Sekian saja untuk artikel kali ini dan saya ucapkan banyak terima kasih telah membaca artikel saya ini.

1 comment:

Terima kasih banyak telah berkunjung dan membaca blog saya,silahkan tuliskan komentar Anda!