Cara Meraih Sukses Ber-Wirausaha Bakso Super Lezat

Yuk...!  coba nikmati lezatnya wirausaha bakso! jadi,bukan hanya rasanya saja yang lezat dan juga nikmat,keuntungan yang bisa kita dapatkan dari berwirausaha bakso juga tidak kalah lezat dengan rasanya. Lalu kenapa usaha bakso bisa di katakan lezat jika di lihat dari segi keuntungan yang bisa kita dapatkan? tentunya semua itu bisa kita dapatkan jika kita tahu resep dan juga cara membuat bakso dengan cita rasa yang lezat,sekaligus menggugah selera,dan juga mampu menyajikan sebuah citarasa bakso yang memang mampu bersaing dengan yang lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan coba menuliskan resep dan cara membuat bakso yang lezat,di sini saya juga akan coba menganalisa tentang keuntungan dari berwirausaha bakso,barang kali saja ada di antara Anda yang memang sangat tertarik dan ingin menggeluti usaha yang satu ini!
Sebelum saya coba menganalisa tentang keuntungan dari berwirausaha bakso,saya akan coba tuliskan terlebih dahulu resep dan juga cara membuat bakso dengan citarasa yang lezat dan juga nikmat. Mungkin cara membuat bakso sapi ataupun bakso ayam tidak sesulit yang kita bayangkan, yang sulit adalah bagaimana cara agar bakso yang kita buat bisa memiliki citarasa yang enak dan memiliki tekstur yang empuk dan kenyal,terlebih lagi pada cara pembuatan kuah dan juga pada bumbunya yang mampu memberikan aroma gurih dan segar. Maka dari itu rahasia resep bakso wajib kita pelajari terlebih dahulu sebagai modal utama jika kita ingin meraih sukses dalam berbisnis kuliner yang satu ini. 



Pada dasarnya yang menjadikan citarasa bakso yang banyak di jual di warung-warung ataupun di kios-kios menjadi sangat enak adalah dari kuah bakso itu sendiri,yang mana itu di dapatkan dari daging yang dimasak bersama kuahnya,semakin banyak kandungan lemaknya maka akan semakin nikmat pula citarasanya. Itulah sebabnya kenapa banyak penjual bakso kaki lima atau juga yang di kios-kios yang lebih memilih menggunakan tulang yang diremukkan atau pun daging yang menempel di tulang ,karena bagian tersebut jauh lebih gurih dan berlemak di banding bagian lainnya seperti dada dan pahanya. Ini baru salah satu faktor pemicunya saja,tentunya masih banyak lagi yang harus kita perhatikan supaya bakso hasil buatan kita memiliki citarasa yang sangat lezat dengan teksturnya yang empuk dan juga lembut,dan tentunya akan mampu memberikan hasil yang lebih maksimal terhadap usaha bakso yang nantinya kita jalankan.
Resep Membuat Bakso Dengan Citarasa Yang Lezat
  1. 1.000 gram daging sapi segar tanpa lemak
  2. 7-9 siung bawang putih,haluskan. Bisa juga lebih banyak.
  3. 7 siung bawang merah,yang telah di iris dan di goreng terlebih dahulu.
  4. 250 gram es batu yang telah dihancur.
  5. 150 ml putih telur untuk menambah citarasa dan kekenyalan terhadap tekstur bakso.
  6. 5 sdt garam atau secukupnya
  7. 200 gram tepung sagu kering. 
  8. 1 sdt soda kue (baking powder)
Proses Pembuatan Bakso

  1. Langkah pertama potong-potong terlebih dahulu dagingnya agar mudah hancur saat di blender. 
  2. Kemudian di masukkan dalam blender daging yang telah kita cincang tadi. 
  3. Usahakan giling hingga betul-betul halus.
  4. Berikutnya masukkan bahan seperti bawang putih yang telah di haluskan,putih telur,bawang goreng,garam dan sisa es batu lalu giling lagi hingga benar-benar halus.
  5. Selanjutnya tambahkan tepung sagu kering dan juga soda kue/baking powder. 
  6. Kemudian lanjutkan menggiling adonan bakso hingga di dapatkan hasil yang berbentuk pasta dan lembut.
  7. Sekarang saatnya memasak,caranya masak dulu air untuk merebus bakso yang telah dibentuk bulat.
  8. Usahakan hingga mendidih dengan air yang agak banyak.  
  9. Setelah mendidih,apinya di matikan atau boleh di nyalakan dengan api kecil saja. 
  10. Cara membentuk bakso jadi bulat : caranya,celup dulu sendoknya di air dingin lalu ambil adonan agak banyak dan taruh di telapak tangan. 
  11. Lalu,genggam adonan hingga keluar ke atas (dilubang yang terbentuk antara jadi telunjuk dan ibu jari). 
  12. Kemudian tinggal ambil adonan bakso yang keluar tersebut menggunakan sendok yang juga telah dicelupkan di air es. 
  13. Kemudian masukkan adonan yang sudah terbentuk bulat ke dalam air panas. 
  14. Lakukan semuanya hingga adonan terbentuk bulat semua, lalu biarkan dulu hingga semua bakso mengembang dan barulah dimasak dengan api besar hingga semua bakso matang sempurna sampai bagian dalamnya.
  15. Terakhir, siapkan baskom dan isi dengan air dingin. 
  16. Masukkan bakso yang telah matang ke dalam baskom tersebut dan tunggu hingga dingin lalu tiriskan. 
Tips

Untuk blendernya dalam resep bakso sapi ini sebaiknya gunakan blender daging khusus agar hasilnya lebih baik. Istilah untuk alatnya adalah FP atau Food Processor. Biasanya bentuk baling-balingnya lebih besar dan wadahnya lebih lebar dari blender biasa. Jika memilih langsung memasak bakso yang telah di bentuk dengan api besar maka setiap kali ada bakso yang sudah mengambang dipisahkan dulu di tempat lain dan setelah semua proses pembentukan dan pemasakan awal selesai maka barulah dimasak ulang hingga betul-betul matang. Membentuk bakso menjadi berbentuk bulat bisa juga menggunakan dua sendok yang salah satunya terisi adonan di bagian ujungnya dan satunya lagi menekan dan memisahkan adonan dari sendok. Atau kalau tidak mau repot bisa juga dengan cara di masukkan dalam talang lebar berukuran 2 cm lalu di kukus agak lama,dan setelah jadi baru dipotong-potong kotak. Kalau mau hasilnya lebih banyak maka bentuk saja menjadi bulatan kecil!selain itu,bentuknya yang kecil bisa bikin lebih mudah matang dan tidak perlu dipotong dulu ketika ingin di makan. Jika ingin bakso buatan kita mampu tahan hingga 2-3 bulan dan tidak menjadi kering maka masukkan ke dalam freezer dengan sebelumnya di bungkus plastic atau dengan zipper bag. Atau jika ingin bertahan hanya seminggu saja maka cukup di bagian pendingin kulkas saja.

Resep Membuat Bumbu Kuah Bakso

Setelah mengetahui resep dan juga cara pembuatan bakso sapi dengan citarasanya yang enak, selanjutnya uleg bahan-bahan berikut ini menjadi satu,tentunya dengan takaran yang disesuaikan dengan selera,yakni bawang merah,bawang putih,sedikit gula pasir,garam,merica bubuk,dan kalau ada pala bubuk juga bisa ditambahkan. Tapi kalau mau lebih pas rasanya kita juga bisa menambahkan bumbu bakso dalam kemasan yang banyak di jual di pasar-pasar tradisional ataupun minimarket. Supaya rasa kuahnya bisa lebih lezat lagi,sebaiknya masak air bersama kaki sapi dan juga tetelan daging! Karena rahasia kuah bakso yang enak yang banyak di praktekkan oleh banyak penjual bakso sebenarnya resep rahasia yang satu ini. Kebanyakan tulangnya di buat agak remuk supaya semakin banyak mengeluarkan aroma khasnya saat dimasak,tapi bila tidak sanggup karena keras maka langsung saja di masak. Kita bisa beli di pasar-pasar tradisional dan tidak masalah jika dagingnya sudah di ambil karena tetap tidak akan menghilangkan aromanya. Kalau misalnya mahal maka beli saja tetelannya saja dan bagian tulang yang lain.
Menganalisa Keuntungan Dari Wirausaha Bakso

Sebelum ke langkah perhitungan yang lebih mendetail,mari kita coba hitung cepat terlebih dahulu mengenai perkiraan keuntungan dari beberapa mangkuk bakso yang bisa kita jual. Asumsikan misalkan dalam satu hari kita bisa menjual 50 mangkuk porsi bakso,50 porsi itu artinya bakso dan juga minumannya. Apakah sulit untuk menjual 50 mangkuk bakso dalam sehari? saya rasa dengan citarasa bakso yang gurih dan lezat 50 mangkuk dalam sehari menjadi hal yang sangat mungkin bisa kita lakukan,asal kita bisa mencari lahan yang cukup strategis tentunya tidak terlalu sulit untuk bisa menjual 50 porsi tiap harinya dan juga menjadikan bakso kita semakin di kenal oleh para penikmat bakso. Karena seperti kita tahu hampir semua orang menyukai bakso,apalagi dengan di dukung dengan tampilan gerobak yang unik ataupun kios bakso yang nyaman pastinya untuk menjual 100 porsi bahkan lebihpun akan segera menjadi kenyataan Insya ALLOH.

Sekarang mari kita coba hitung perkiraan keuntungan yang bisa kita dapatkan dari hasil penjualan 50 mangkuk mie bakso! pada umumnya dalam satu porsi bakso biasanya bisa menghasilkan keuntungan sekitar Rp2.000-Rp3.000 per mangkuknya.
  • Keuntungan bakso per mangkuk Rp2.000,x50 = Rp100.000
  • Keuntungan minuman per Porsi Rp 1.000x50 = Rp50.000
  • Keuntungan krupuk/makanan ringan lain Rp1.000 x 20 = Rp20.000
  • Jadi perkiraan keuntungan yang bisa kita dapatkan dari asumsi 50 mangkuk bakso dll adalah=:-/+ sekitar Rp170.000/hari.
Jumlah sebuah keuntungan yang lumayan bukan?!! itu baru dari asumsi penjualan 50 mangkuk bakso dalam sehari,tidak menutup kemungkinan tentunya jika nantinya kita bisa mencapai 100 bahkan 1.000an porsi bakso dalam seharinya Amin...!!! Yang terpenting adalah,buatlah bakso dengan citarasa yang sangat lezat,sediakan tempat yang sangat nyaman (tidak harus mahal),dan berikan pelayanan yang terbaik terhadap para pelanggan kita!!!


Aneka Macam Cara Menjual Bakso

1. Menjual Bakso Keliling Dengan Gerobak

Kita bisa menggunakan cara yang satu ini untuk menjajakan bakso,kita langsung menghampiri ke para pelanggan kita secara berkeliling.

  1. Harga gerobak sekitar Rp1.500.000-Rp2.000.000
  2. Harga peralatan untuk memasak sekitar Rp2.000.000
  3. Lain-lain Rp500.000
  4. Jumlah total Rp4.500.000
2. Menjual Bakso Dengan Menyewa Tempat/Kios

Kita juga bisa menyewa/membeli kios atau tempat untuk berjualan bakso,buatlah kios bakso kita dengan dekorasi yang sangat bagus,menarik dan tentunya bisa membuat para pelanggan kita merasa nyaman.

Nah itu tadi sedikit tips tentang resep dan juga cara membuat bakso yang memiliki citarasa lezat,juga sedikit mengenai analisanya. Semoga bermanfaat dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada para pembaca sekalian.

10 comments:

  1. mas kalo boleh tau ini blog baru diterima adsense ya? Kalo iya waktu kapan diterimanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Pak/Mak Bos...!!! sekitar 3 mingguan yang lalu. Ngomong-ngomong,apa Pak/Mak Bos lagi daftar adsense juga? apa malah udah dapet duit sekarung dari adsense??? Terima kasih udah mau berkunjung ke blog saya,semoga kita termasuk orang yang beruntung di adsense ya...!!!

      Delete
    2. Wahh saya msih berjuang buat dapetin adsense pak, hehehe,, kalo boleh tau dulu brpa artikel waktu d dftarin? Pengunjung per hari berapa orang? Kali aja bpak punya tips buat saya biar d terima :D

      Aminnn,,

      Delete
    3. Saya pernah posting sampe 170an lebih artikel,tapi belum juga dapetin pengunjung blog! perjuangan saya lama banget,hampir 8 bulanan lebih Mas/Mba,udah hampir 17 kali lebih di tolak adsense,sampai akhirnya berhasil juga di terima. Kalo tips kayaknya saya belum pantes untuk kasih tips,soalnya saya juga masih banyak belajar,intinya untuk menjadi publisher adsense kita di wajibkan memiliki mental pantang menyerah!!! Tapi kalo boleh saya rekomendasikan,silahkan Anda beli ebook adsense mentalist untuk bisa lebih memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu tentang program google adsense! ebook yang sangat lengkap dengan harganya yang sangat murah cuma 120ribuan. Jika Anda berminat silahkan kunjungi link ini www.adsensementalist.com! Terima kasih sudah berkenan mampir ke blog saya,blog yang masih alakadarnya sekali.

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. aya juga sudah 1 tahun ngeblog hampir 27 kali email penolakan, tepi sekarang sya lagi buat blog baru..terimakasih rekomendasinya,, tapi uang nya mau saya belikan domain dulu untuk blog baru yang mau di daftarin adsense,, mudah-mudahan blog yg ini bisa diterima,

      dulu kalo boleh tau ketika didaftarin artikelnya berpa pak? berapa pengunjung per hari?

      Delete
    6. Sekitar 170an lebih artikel,tapi masih tetep di tolak! karena mungkin banyak artikel post yang masih sangat sepi pengunjungnya. Lalu saya coba pilih artikel-artikel yang sudah konsisten ada pengunjungnya,lalu yang lainnya saya hapus. Pas saya daftarin lagi jumlah artikel menjadi sekitar 50an lebih,lalu menu navigasi saya perbaiki lagi,seperti privacy policy,sitemap,disclaimer dana juga menu TOS. Amin...! saya doA' kan semoga blognya Mang Eza cepat di terima Google Adsense,terima kasih sudah mau mampir ke blog saya!

      Delete
    7. sip makasih mas,, moga sukse buat mas rio,

      Delete
  2. kalau bakso memang diakui larisnya ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sekali Mas,dari anak kecil sampe orang tua semuanya gemar makan bakso.

      Delete

Terima kasih banyak telah berkunjung dan membaca blog saya,silahkan tuliskan komentar Anda!