Friday, December 23, 2016

Wirausaha Cuci Motor

Ini dia' salah satu usaha yang cukup menguntungkan sekali untuk sekarang ini! ya betul sekali... Wirausaha Cuci Motor. Tentunya dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan di hampir setiap daerah,khususnya kendaraan roda dua atau motor,menjadikan hal ini menjadi sebuah peluang usaha yang cukup prosfektif sekali untuk kedepannya. Memang betul,dengan memanfaatkan peluang usaha yang satu ini kitapun nantinya akan bisa memiliki peluang untuk menghasilkan sebuah keuntungan yang lumayan,dan tentunya untuk bisa mendapatkan sebuah keuntungan yang besarpun tidak selalu harus dengan mengeluarkan modal yang besar pula. Tidak selamanya keuntungan yang besar bisa di dapat dengan harus mengeluarkan modal yang besar terlebih dahulu,contohnya dengan membuka usaha pencucian motor atau ber-wirausaha cuci motor di rumah kita sendiri. Di karenakan  untuk bisa memiliki sebuah tempat untuk pencucian motor,kitapun hanya harus mengeluarkan modal yang relatif lebih kecil jika di bandingkan dengan jumlah modal yang harus kita keluarkan untuk membuka sebuah usaha seperti contohnya usaha restaurant,photo copy dll.
Saat ini hampir setiap anggota keluarga sudah memiliki yang namanya sepeda motor. Bahkan tidak jarang dalam satu keluarga ada yang sampai memiliki 3 sampai 4 motor bahkan ada yang lebih dari itu. Hal ini membuktikan bahwa ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap motor masih sangat tinggi. Di sini lah kita bisa memanfaatkan peluang usaha cuci motor yang tentunya akan sangat prosfektif sekali dan menguntungkan,di karenakan fakta membuktikan bahwa  tidak semua orang yang mau menyisihkan waktunya untuk mencuci kendaraannya sendiri yang di sebabkan oleh padatnya jadwal kesibukannya masing-masing. Untuk memulai usaha cuci motor ini pun kita tidak harus memiliki keterampilan khusus,yang di butuhkan cukup kita menyediakan tempat dan juga peralatan yang di butuhkan untuk kita memulai menjalankan usaha cuci motor ini.

Analisa Wirausaha Cuci Motor
Seperti yang sudah di jelaskan di awal tadi,usaha cuci motor ini bukanlah usaha yang memerlukan terlalu banyak biaya (uang/modal). Kita cukup mengeluarkan modal awal yang relatif kecil antara 6-7 juta rupiahan saja,dan kitapun sudah bisa memulai usaha cuci motor. Berikut ini adalah contoh analisa untuk ber-wirausaha cuci motor:

Modal Awal Untuk Wirausaha Cuci Motor
  • Biaya pembuatan tempat -/+ Rp 2.000.000
  • Kompresor dan alat steam RP 5.000.000
  • Total Modal Awal Rp 7.000.000

Asumsi
Tempat usaha cuci motor adalah milik kita sendiri dan juga dikerjakan sendiri,jadi biaya ini masih diluar biaya operasional perbulannya. Jika kita menghitung biaya operasional perbulanya maka kita harus mengeluarkan biaya tambahan,contohnya untuk pembelian minyak (bensin) dan listrik (untuk air) sebesar Rp 500.000. Selain itu untuk biaya operasional lainnya kita juga memerlukan shampo motor dan semir ban dengan asumsi per bulannya sebesar -/+ Rp 100.000 perbulan. Jadi biaya operasional yang perlu kita keluarkan adalah sebesar -/+ Rp 600.000 perbulannya.


Asumsikan dalam satu hari kita mampu mencuci sebanyak 20-25  sepeda motor dengan patokan harga permotornya sebesar Rp 10.000. Jadi kesimpulnanya adalah:
  • 25 motor x Rp.10.000 = Rp 250.000
  • Rp250.000 x 30 hari = Rp 7.500.000

Jadi perkiraan keuntungan bersih yang bisa kita peroleh dalam perbulannya adalah:
  • Rp 7.500.000-Rp 600.000= Rp 6.900.000

Jadi dengan skenario di atas tadi,dalam jangka waktu 40 hari kita sudah bisa mengembalikan modal yang sudah kita keluarkan. Dengan catatan ini menghitung rata-rata jumlah motor yang di cuci per hari sebanyak 25 unit motor. Jika seumpamanya kedepannya kita merasa kondisi usaha kita sudah cukup memungkinkan,dan ingin segera lebih mengembangkan lagi,katakanlah kita sudah mulai kewalahan dalam mengerjakannya seorang diri dan ingin mencoba untuk memperbesar keuntungan yang kita dapat,maka kita cukup menambahkan satu orang pegawai saja dulu untuk membantu kita. Yang pasti kualitas pelayanan kita terhadap pelanggan harus sangat di prioritaskan! sehingga dengan kualitas pelayanan yang baik serta ramah yang kita berikan terhadap semua pelanggan nantinya akan memberikan sebuah yang berkali-lipat Amin. Karena dengan penambahan jumlah tenaga tentunya para pelanggan tidak perlu menunggu lebih lama. Jadi dengan sebuah pelayanan yang maksimal tentunya akan membuat pelanggan kitapun seiring dengan berjalannya waktu akan semakin bertambah banyak. Bukan itu saja,jika nantinya usaha cuci motor yang kita jalankan sudah semakin ramai dan juga sudah memiliki banyak pelanggan,kita juga bisa memanfaatkan kondisi ini dengan menjual berbagai makanan ataupun minuman yang tentunya sangat berpotensi bisa mendatangkan keuntungan tambahan. Dengan catatan kita wajib memberikan tempat yang cukup nyaman sehingga pelanggan pun akan merasa lebih nyaman menuggu sampai motornya selesai di bersihkan.

Demikianlah sedikit analisa tentang ber-wirausaha cuci motor,semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian,sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih banyak telah berkunjung dan membaca blog saya,silahkan tuliskan komentar Anda!