Wirausaha Es Krim Enak, Soegger dan Menguntungkan

Asyiknya ber-wirausaha es krim: Mau usaha yang mengasyikan dan sekaligus menyejukkan? ya betul...! berjualan es krim atau ber-wirausaha es krim. Jajanan ice cream atau kalau di kita biasa di sebut dengan es krim memang begitu di sukai oleh banyak orang,terutama sangat disukai oleh anak-anak khususnya,dan saya pikir dengan menjalankan usaha pembuatan es krim ataupun membuat kedai es krim memang memiliki prosfek yang cukup cerah dan cukup menjanjikan jika di lihat dari segi pendapatan dan juga keuntungannya.


Terlebih iklim di negara kita yang sangat mendukung dan sangat cocok sekali untuk usaha berjualan es krim,apalagi jika di tambah dengan semakin meningkatnya minat masyarakat terhadap jajanan yang satu ini. Karena alasan-alasan itulah kenapa usaha ini di bilang menjadi salah satu usaha yang cukup prosfektif untuk kedepannya.
Hal yang perlu kita perhatikan dalam menjalankan usaha pembuatan/penjualan es krim adalah tentu saja masalah patokan harga es krim itu sendiri,kita harus bisa lebih spesifik dalam menentukan harga,tentunya hal ini kita sesuaikan dengan target pasar kita,dan usahakan mematok harga yang tidak terlalu mahal ataupun terlalu murah,buatlah harga yang kompetitif dan juga terjangkau oleh masyarakat umum!. Cara menjual es krim pun sangat berfariatif sekali bentuk dan juga modelnya,bisa dengan di buatkan gerai/kedai es krim,mobil yang sudah kita modifikasi dengan bertemakan tentang es krim tentunya,bisa juga menggunakan motor,sepeda,gerobak keliling dll.
Membuat es krim memang sesuatu yang asing bagi kebanyakan orang di Indonesia, namun demikian hal seperti itu merupakan sesuatu yang bisa dipelajari, banyak buku-buku tentang resep dan juga cara membuat es krim yang lezat,kita juga bisa browsing-browsing di internet,dan kita akan bisa menemukan banyak resep-resep cara membuat es krim yan sangat lezat. Ataupun Kita juga bisa  meluangkan sedikit waktu dan sedikit uang untuk mengikuti kursus cara membuat es krim. Bahkan akhir-akhir banyak pengusaha yang menjual dan menawarkan mesin pembuat es krim berbagai jenis dan ukuran. Belakangan ini kita juga mengenal tentang mesin pembuat eskrim yang menggunakan Nitrogen cair untuk proses pendinginannya. Apabila kita membeli paket mesin pembuat es krim,maka kita juga bisa meminta untuk belajar langsung tentang bagaimana cara mengoperasikan mesin tersebut dan juga tentu saja cara-cara membuat es krim dengan mesin tersebut. 

Tentunya banyak sekali cara-cara membuat eskrim,secara konvensional menggunakan bahan-bahan seperti susu murni, susu kental manis, pengembang,telur,gula,cokelat,vanila,dll yang di buat adonan kemudian dimasak dan selanjutnya di masukkan kedalam freezer atau mesin pembuat es krim. Namun sekarang ini ada juga cara membuat es krim yang lebih moderat yaitu menggunakan bahan tepung yang disebut dengan istilah “Powder Soft Ice Cream”. Membuat eskrim dengan menggunakan bahan powder tersebut ternyata cukup instant dan praktis,kita hanya tinggal mencampurkannya dengan air matang, diaduk (mixer), kemudian di diamkan terlebih dahulu sebentar,dan selanjutnya langsung di masukkan kedalam mesin pembuat es krim,maka kitapun sudah siap untuk langsung menjual es krim tersebut. Hal ini tentunya sangat memudahkan bagi kita yang memang sangat tertarik ingin mencoba asyiknya berwirausaha es,karena memang resep dan juga cara pembuatannya yang tidak terlalu sulit dan sangat mudah untuk kita pahami dan kita pelajari.

Berjualan Di Kedai Es Krim

Untuk menjajakan atau menjual es krim kita bisa membuat warung atau kedai yang semi permanen atau yang permanen sekalipun.yang artinya kita berjualan secara menetap di suatu tempat atau lokasi tertentu yang memang cukup strategis. Tentunya warung/kedai es krim perlu kita tempatkan di lokasi yang sangat strategis dan banyak/ramai pengunjung! misalnya:di mall,di dekat pasar,atau cukup di depan rumah kita sendiri jika memang di rasa tempat kita sudah cukup ramai. Setelah lokasi atau tempat sudah kita tentukan,kemudian di lanjutkan dengan proses  memperhitungkan aspek biayanya, biaya sewa,biaya listrik,air,dll. Ruang atau space yang dibutuhkan tidak terlalu besar hanya untuk menyimpan gerai pelayanan dan mesin pembuat ice cream space 2x3 meter saja sudah lebih dari cukup.

Berjualan Es Krim Dengan Mobil

Untuk menjajakan atau berjualan es krim secara mobile maka artinya kita berjualan dengan cara berpindah-pindah tempat,tentunya menyesuaikan siatuasi dan juga kondisi tempat yang kita target. Sebagai contoh:pada-pagi hari sampai siang berlokasi disekitar sekolah-sekolah,kemudian sore hari di taman kota atau alun-alun,dan malam hari disekitar mall atau tempat hiburan,pasar malam,dll. Gerai pelayanan dan mesin pembuat es krim akan selalu dibawa dengan menggunakan mobil yang juga telah dilengkapi dengan genset untuk sumber tenaga listrik.

Bahan-Bahan Untuk Pembuatan Es Krim

Bahan baku yang digunakan untuk pembuatan es krim konvensional adalah susu murni,susu kental manis,skim,pengembang,cokelat,vanilla,telur,gula pasir,dll. Sedangkan bahan baku untuk pembuatan es krim instant atau moderat dengan menggunakan mesin pembuat es krim adalah Powder Soft Ice Cream. Serbuk premix ice cream ini banyak dijual di toko dan mall dengan berbagai warna dan juga varian rasa. Menurut aturan pencampurannya dengan air matang,namun bisa saja bila ingin lebih baik kualitasnya dengan melakukan penambahan sedikit susu murni.

Bahan Tambahan

Bahan tambahan yang dibutuhkan dalam wirausaha es krim adalah cup atau cone tempat untuk menampung ice cream yang keluar dari kran mesin pembuat es krim. Cup dan cone juga banyak di jual di toko-toko aneka bahan makanan,toko-toko es krim dan juga di mall. Kita hanya tinggal memilih yang sekiranya sesuai dengan selera pasar,karena warna dan juga bentuknya sangat bermacam-macam. Bahan lain yang harus disiapkan adalah sendok kayu khusus untuk ice cream, sendok kayu di sediakan atau diberikan apabila pembelian es krim menggunakan cup.

Bahan Tambahan Lain

Bahan tambahan lain adalah bahan selain untuk pembuatan es krim dan di butuhkan untuk menjalankan aktifitas wirausaha es krim. Bahan bahan tersebut antara lain adalah bahan untuk membuat kemasan apabila ada pesanan banyak untuk dibawa; misalnya di buat dari kertas karton,dll. Sumber tenaga atau energi yang dibutuhkan misalnya untuk memasak,lampu-lampu,neon box,dll, maka dibutuhkan energi listrik atau bahan bakar untuk genset,dll. Bahan lain yang tidak kalah pentingnya adalah air,sebaiknya gunakan  saja air mineral dalam kemasan botol galon sehingga lebih efisien, efektif dan praktis.

Peralatan Utama

Mesin pembuat es krim merupakan peralatan utama yang akan digunakan dalam aktifitas wirausaha es krim,maka pilihlah mesin yang bagus namun harganya terjangkau. Saat ini banyak pilihan untuk membeli mesin es krim dari mulai yang termurah mulai sekitar Rp.400.000-500.000an,sampai dengan yang mahal dengan harga puluhan juta rupiah. Untuk permulaan ada baiknya apabila mencoba dahulu menggunakan mesin soft ice cream yang harganya tidak terlalu mahal misalnya yang memilki 3 kran (3 jenis rasa). Peralatan lain yang dibutuhkan adalah tempat untuk melayani atau gerai atau lemari, gerai atau lemari bisa dibuat dari furniture modern yang dibuat sedemikian rupa sehingga menarik perhatian pengunjung. 

Peralatan Pendukung

Peralatan pendukung yang dibutuhkan adalah peralatan pendukung dalam pembuatan es krim; misalnya berbagai jenis wadah (kitchenwares) untuk pembuatan es krim. Kita juga akan membutuhkan beberapa alat untuk pengaduk,sendok besar,sendok kecil,dan mixer listrik untuk mengocok adonan. Pengadukan adonan dengan menggunakan mixer listrik akan menghasilkan es krim yang lebih baik.


Peralatan Pendukung Lain

Peralatan pendukung lainnya yang dibutuhkan adalah kendaraan atau mobil pick up yang akan digunakan untuk berjualan secara berkeliling,atau akan digunakan untuk transportasi bahan bila akan menggunakan gerai permanen. Mobil pick up yang akan digunakan untuk berjualan secara mobil harus dilengkapi canopy pada bagian pic up (bak-nya) sehingga bisa terlindung dari sinar matahari atau hujan. Atau apabila kita memiliki kecukupan dana bisa saja menggunakan mobil van yang khusus di rancang untuk keperluan berjualan es krim yang sudah di modifikasi sedemikian mungkin.

Nah itu tadi sedikit tips dan juga cara membuka atau cara menjalankan wirausaha es krim,bagaimana' apakah Anda tertarik untuk mencoba usaha yang mengasyikkan dan sekaligus menyejukkan ini? silahkan Anda coba dan saya doA' kan semoga berhasil!!! Sekian saja dari saya semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih banyak telah berkunjung dan membaca blog saya,silahkan tuliskan komentar Anda!