Saturday, October 7, 2017

Tempat Wisata Di Jogja

Destinasi 6 Tempat Wisata di Jogjakarta Yang Sangat Menarik Sekali Untuk di Kunjungi.


Jika kita membahas tentang berbagai macam nama tempat wisata yang ada di Indonesia, tentunya akan begitu banyak sekali terdapat kota-kota yang ada di seluruh Indonesia yang tentunya masing-masing dari kota tersebut memiliki keindahan-keindahan tempat wisata yang pastinya akan menawarkan sesuatu yang sangat menarik untuk segera kita kunjungi. Pastinya hampir seluruh kota di Indonesia memiliki berbagai tempat wisata yang tentu salah satunya sudah menjadi sebuah simbol kebanggaan ataupun  sudah menjadi sebuah ikon dari kota tersebut, sebagai contohnya adalah kota Jogja yang pastinya sudah sangat terkenal dengan Malioboronya ataupun juga dengan Keratonnya.

Di kota Jogja sendiri memang banyak sekali terdapat tempat-tempat wisata alam ataupun wahana-wahana wisata untuk bermain yang pastinya sangat menarik untuk di kunjungi oleh para wisatawan, dan tentunya sudah sangat banyak sekali wisatawan-wisatawan lokal maupun asing yang telah berkunjung ke kota yang akrab dengan sebutan kota Gudeg atau juga kota pelajar ini. Berikut ini adalah destinasi 6 tempat wisata yang terdapat di Jogjakarta yang memiliki  keindahan dan juga keunikan tersendiri yang sangat cocok untuk di jadikan tempat untuk berlibur bersama keluarga tercinta.


1. Malioboro 

Malioboro menjadi salah satu tempat wisata paling favorit di Jogjakarta, dan juga sudah menjadi sebuah ikon dan juga sebuah kebanggaan bagi seluruh warga Jogjakarta tentunya. Tidak mengherankan tentunya, jika setiap orang ataupun wisatawan yang  berkunjung ke Jogjakarta hampir semuanya menyempatkan diri untuk berjalan-jalan di tempat yang di kenal juga dengan sebutan Jl Malioboro, " belum berasa ke Jogja jika tidak menyempatkan berjalan-jalan di  Malioboro", mungkin kira-kira itu kata-kata yang ada di benak para wisatawan yang berkunjung ke Jogjakarta.
Hampir setiap waktu jl Malioboro selalu saja ramai di padati oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan suasananya yang sangat khas dan tentunya juga dari keramah-tamahan yang di hadirkan dari para penduduk lokal, menjadikan tempat wisata yang satu ini memang sangat nyaman sekali untuk di kunjungi oleh para wisatawan yang sekedar ingin berjalan-jalan, atau untuk berbelanja pakaian-pakaian yang tentunya sangat khas dengan Jogjakarta, seperti batik dan juga pakaian khas yang lain-lainnya lagi. Tentu ada juga para wisatawan yang sengaja berkunjung ke Malioboro  sekedar untuk menikmati lezatnya aneka macam kuliner khas yang di sajikan di tempat tersebut, sambil menikmati indah dan nyamannya susana Malioboro.

Lokasi Malioboro sendiri sangat mudah sekali untuk di akses, karena lokasinya yang berada tepat di jantung kota Jogjakarta, yang tentunya banyak sekali alat transportasi umum yang melewati lokasi tempat wisata yang satu ini setiap waktunya. Lokasi Malioboro juga relatif cukup dekat dengan stasiun KA Tugu, yang tentunya akan lebih memudahkan bagi para wisatawan yang mengunjungi kota Jogja dengan menggunakan kereta api, karena lokasinya akan bisa di tuju hanya dengan berjalan kaki.

Untuk bisa menikmati nyamannya suasana tempat wisata Malioboro, kita tidak di wajibkan untuk membayar tiket masuk alias gratis, ya terang sajalah!!!, karena' kan memang Malioboro sendiri adalah merupakan sebuah ruang publik yang siapa saja bisa masuk tanpa harus membayar uang karcis terlebih dahulu, yaa terkecuali jika Anda memang ingin berbelanja ataupun ingin menikmati lezatnya kuliner khas kota Jogja, ya pastinya Anda harus bayar he he...!


2. Air Terjun Sri Gethuk 

Bagi Anda yang sangat mencintai akan indahnya sebuah pemandangan alam yang yang masih sangat alami, Anda harus mencoba mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini! sebuah ekosistem alam yang masih sangat alami dengan suasananya  yang juga sangat menyejukkan sekali karena di dalamnya terdapat sebuah air terjun yang pastinya akan lebih menambah suasana alam sekitarnya menjadi lebih sejuk dan nyaman. Air terjun tersebut bernama air terjun Sri Gethuk, air terjun Sri Gethuk terletak di desa Bleberan, Playen, Gunung Kidul, memiliki jarak sekitar kurang lebih 40 KM dari pusat kota Jogja.

Rute tempuh yang bisa di pilih oleh para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata yang satu ini ada dua pilihan rute, para wisatawan bisa menuju ke lokasi air terjun ini dengan menyusuri jalan setapak sambil melihat-lihat indahnya hamparan pesawahan dan juga hijaunya pepohonan kelapa di kanan kirinya, atau juga bisa mencapainya dengan melakukan perjalanan sungai dengan menggunakan perahu motor kecil yang tentunya juga para pengunjung nantinya akan di suguhi sebuah pemandangan alam yang indah dan masih sangat alami saat melakukan perjalanjan sungai menuju lokasi Air Terjun Sri Gethuk.

Setibanya ke lokasi, para pengunjungpun akan di manjakan oleh sejuknya suasana air terjun yang mengalir di antara tebing-tebing karst yang di sekitarnya tersusun rapi bebatuan yang memiliki warna yang sangat indah, sehingga tentu saja akan menambah suasana air terjun Sri Gethuk menjadi lebih sejuk dan juga semakin sedap di pandang mata. Di sini para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas berenang, karena di sini tentunya telah di sediakan alat pelampung oleh pengelola setempat yang memang di sediakan untuk para pengunjung yang ingin melakukan aktivitas berenang. Untuk memasuki tempat wisata ini Anda cukup membayar uang masuk sebesar Rp 5.000 saja perorang, dan untuk sewa perahu hanya Rp 10.000/orang. Jadi, air terjun Sri Gethuk adalah menjadi salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk di kunjungi oleh para wisatawan yang datang ke Jogjakarta.


3. Gua Pindul 

Gua Pindul adalah salah satu nama gua yang terletak di Gunungkidul DIY,  Gua Pindul adalah sebuah tempat ataupun kawasan wisata di Jogjakarta yang cukup ramai di kunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal ataupun yang datang dari luar daerah. Gua Pindul sendiri memiliki panjang lebih kurang 300 meter yang di dalamnya terdapat stalaktit yang sangat besar, dan juga terdapat sebuah sungai kecil yang mengalir di dalamnya. Bagi para pengunjung yang ingin menyusuri gua ini di haruskan mengenakan ban pelampung dan alat pengaman lainnya untuk bisa memulai serunya berpetualang dengan alam sekitar Gua Pindul.

Bagi para pecinta ataupun yang senang berpeualang, tentunya berkunjung ke Gua Pindul menjadi sesuau yang sangat menyenangkan dan juga cukup menantang. Para pengunjung akan menyusuri Gua Pindul sekitar 30 menitan, dan juga akan di pandu oleh para pemandu wisata tempat tersebut. Untuk bisa menikmati serunya berpetualang di Gua Pindul para pengunjung di kenakan tarif Rp 30.000/orang untuk sewa jaket pelampung dan juga bannya. Gua Pindul tentunya telah menjadi salah satu tempat wisata yang berada di Jogjakarta yang sangat di sukai oleh banyak pegunjung dari kalangan remaja sampai dewasa, karena wisata Gua Pindul akan menawarkan serunya sebuah wisata petualang yang sangat menyenangkan.


4. Tebing Breksi 

Menurut para ahli sejarah, Tebing Breksi ini terbentuk karena aktivitas yang di lakukan oleh manusia semanjak sekitar pada tahun 1980-an. Menurut para ahli sejarah dulunya di tempat ini banyak di lakukan aktivitas penambangan batu kapur breksi yang dilakukan oleh para warga setempat di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Prambanan DIY, sehingga lama-kelamaan membentuk sebuah bukit ataupun tebing yang seperti sekarang ini. Pada bulan mei 2015 tempat ini di resmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X menjadi sebuah tempat wisata.
Tempat wisata yang satu ini terdapat berbagai keunikan tersendiri yang tentunya akan menyajikan sesuatu yang berbeda bagi para pengunjungnya, di sini para pengunjung akan di suguhi indahnya berbagai hasil pahatan yang bernilai artistik tinggi yang di buat oleh para seniman-seniman lokal di Tebing Breksi. Ada berbagai corak dan juga jenis gambar pahatan yang terdapat di Tebing Breksi, seperti wayang dll. Dengan tampilannya yang sangat unik dan juga menarik, Tebing Breksi sering di jadikan tempat untuk berfoto ataupun bershefie ria oleh para pengunjungnya.

Selain bisa menikmati sebuah karya seni yang unik, di sini para pengunjungpun juga bisa melihat sebuah pemandangan alam yang sangat mempesona, para pengunjung bisa melihatnya dari puncak tebing termasuk keindahan panorama dengan latar belakang Candi Ijo dan juga Candi Ratu Boko. Pada bagian dasar tebing terdapat sebuah amphitheatre yang di beri nama Tlatar, tempat ini sering di gunakan oleh para seniman-seniman Jogja dan sekitarnya untuk mengadakan berbagai macam pertunjukan pentas seni dan kebudayaan.


5. Bukit Bintang 

Di Jogjakarta terdapat sebuah bukit yang memiliki panorama alam yang sangat indah, terlebih jika di lihat pada malam hari yang tentunya akan terlihat lebih indah, dan jika di perhatikan, seolah-olah bukit ini di kelilingi oleh gemerlapnya cahaya bintang di sekelilingnya, maka tidak heran jika bukit ini di namakan dengan Bukit Bintang. Tempat wisata Bukit Bintang sendiri letaknya di daerah Piyungan atau di Jl. Wonosari. Bukit Bintang berdiri di atas tebing-tebing yang cukup curam dan di atasnya terdapat bangunan-bangunan yang sederhana namun sangat kokoh dan juga memiliki nilai artistik yang tinggi, dan dari atas bukit ini para pengunjung akan di manjakan oleh indahnya panorama di sekitar bukit, dan dari sini para pengunjung juga bisa melihat gemerlapnya kota Jogja pada malam hari.

Saat-saat yang tepat bagi para pengunjung untuk datang kesini adalah, pada waktu sore hari menjelang terbenamnya matahari, para pengunjung akan di manjakan oleh indahnya suasana sunset dari atas bukit, dan pada malam harinya akan di lanjutkan dengan melihat indahnya panorama alam Bukit Bintang dan sekitarnya yang seakan-akan di hiasi oleh gemerlapnya cahaya bintang. Jika Anda suatu saat nanti berkunjung ke kota Jogja, tempat wisata yang satu ini akan sangat sayang sekali untuk Anda lewatkan, karena tempat ini akan mampu memberikan sesuatu yang bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi Anda. Atau mungkin bagi Anda yang sedang berbulan madu, tentunya tempat ini akan bisa di jadikan sebuah hadiah yang sangat romantis untuk pasangan Anda.


6. Keraton Jogja 

Untuk destinasi wisata selanjutnya yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ataupun berwisata ke kota Jogjakarta adalah Keraton Jogja tentunya. Tempat yang menjadi sebuah Istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat menjadi tempat tinggal bagi seluruh anggota keluarga kerajaan dari sejak jaman dulu hingga sekarang. Keraton ini menjadi situs yang sangat bersejarah yang tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi seluruh warga Jogja

Di sini para wisatawan bisa melihat-lihat atau mengelilingi area Keraton, sebelumnya para wisatawan di kenakan terif karcis masuk sebesar Rp 7.000 saja.  Lokasi Keraton Jogja sendiri terletak di Jl. Rotowijayan Blok No.1 Panembahan DIY, dan Keraton di buka setiap hari bagi para wisatawan yang ingin berkunjung sekitar pukul 09.00 sampai pukul 14.00 WIB. Untuk mengelilingi kawasan sekitar Keraton, para pengunjung bisa menggunakan jasa transportasi umum seperti becak ataupun delman yang selalu siap setiap saat.

Saat mengunjungi tempat wisata yang sangat bersejarah ini, para wisatawan akan di suguhi sesuatu yang sangat khas dengan arsitektur tempo doeloe yang tentunya sampai sekarang sangat terawat dengan baik. Bangunan-bangunan tua yang indah nan artistik peninggalan sejarah selalu setia menghiasi seluruh kawasan Keraton.  Tidaklah mengherankan tentunya, jika Keraton ini menjadi tempat wisata paling bersejarah yang di miliki kota Jogjakarta.

Nah itu tadi top 6 tempat wisata di Jogjakarta yang memiliki daya tarik tersendiri yang wajib Anda kunjungi, tentunya masih sangat banyak lagi destinasi wisata yang lainnya yang terdapat di Jogja yang tentunya juga tidak kalah menarik dan juga eksotis keindahannya.

1 comment:

  1. wisata yang bagus, promosikan terus agar lebih dikenal dunia

    ReplyDelete

Terima kasih banyak telah berkunjung dan membaca blog saya,silahkan tuliskan komentar Anda!